Jumat, 29 Juni 2012

Adhesi Sel-Substrat


Adhesi substrat sel merupakan perlekatan antara molekul-molekul substrat atau molekul besar dari suatu matriks. Misalnya kolagen dengan sel-sel yang berada di dekatnya. Adhesi atau perlekatan antara sel dengan kolagen ini dipertautkan oleh fibronektin. Fibronektin merupakan suatu proteinyang memiliki berat molekul tinggi.
Plasmodesmata
            Pada tumbuhan sitoplasma sel-sel yang berdekatan saling berhubungan melalui saluran-saluran sempit yang menembus dinding sel. Saluran kecil yang terbuka tersebut dinamakan plasmodesmata. Plasmodesmata merupakan kelanjutan membran reticulum endoplasma dari dua sel yang berdekatan.
            Pembentukan plasmodesmata erat kaitannya dengan pembentukan “ cell-plate”pada fase telephase-mitosis. Plasmodesmata merupakan jembatan sitoplasma yang berperan dalam transportasi atau pertukaran zat antar sel, khususnya agar terjadi sirkulasi cairan untuk menjaga ketegangan sel (turgor).
Perakitan dan Perbaikan Membran-Plasma
            Membrane plasma berperan penting dalam kehidupan sel. Bila membrane melemah atau rusak, maka sel akan kehilangan kemampuannya untuk mempertahankan keseimbangan, misalnya pada selektivitas,transfor nutrient. Pertumbuhan sel sangat ditentukan oleh dinamika membrane plasma.  Pertumbuhan membrane hendaknya terjadi tanpa mengganggu kehadiran membran yang lama. Berdasarkan struktur membran plasma, maka setiap perubahan kedudukan komponen-komponen membran akan mempengaruhi serta mengganggu fungsi membran plasma. Membrane plasma perlu dirakit sedemikian rupa, sehingga letak molekul-molekul penyusunnya tepat pada tempatnya.
Perakitan membran mempunyai 3 cara, yaitu:
a.      Perakitan sendiri secara langsung.
Perakitan ini masih banyak kekurangannya.
b.     Perakitan berdasarkan hipotesis signal (signal hipotesis)
Pada proses perakitan ini terdapat lima tahapan.
Tahap 1 : adalah proses sintesis protein
Tahap 2 : pembentukan vesikulum dan pendekatan vesikulum ke membrane plasma
Tahap 3 : fusi antara vesikulum dengan membrane
Tahap 4 : terjadi peleburan vesikulum dengan membrane
Tahap 5 : adalah hasil pertumbuhan membrane
c.      Perakitan berlandaskan hipotesis picu
Pada perakitan ini protein yang akan menjadi protein integral membrane plasma dibuat oleh ribosom bebas yang dilipat menjadi bentuk yang sesuai dengan kelarutan membran dan akhirnya disisipkan diantara molekul-molekul lipida membrane plasma.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar